BUMI SANGKURIANG

TENTANG

Terletak di wilayah pegunungan Bandung, Bumi Sangkuriang menghadirkan wisata keluarga yang lengkap serta cocok untuk berbagai event kebersamaan. Tidak hanya menghadirkan bangunan bergaya klasik, hamparan hijau taman yang luas, fasilitas permainan air, serta berbagai sarana olah raga, Bumi Sangkuriang juga membawa semangat kekeluargaan dan kebersamaan, dalam sejumlah event yang diselenggarakan di dalamnya.

SEJARAH

Bermula dari berdirinya perkumpulan kebersamaan Societeit Concordia pada 1879. Gedung milik perkumpulan ini kemudian turut dipakai dalam Konferensi Asia Afrika 1955. Nilai historisitas itu membuat pemerintah Indonesia meminta pertukaran kepemilikan. Gedung itu pun berubah nama menjadi Gedung Merdeka pada tahun 1957, sementara sebuah gedung baru untuk perkumpulan dibangun di kawasan sejuk Ciumbuleuit.

Societetit Concordia lantas berubah nama menjadi Country Club Concordia. Sampai akhirnya, atas usul Presiden Soekarno agar lebih bercita rasa Indonesia, diubah lagi menjadi Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang.

Hingga sekarang, gedung dengan arsitektur khas Belanda karya Ir. Gmeilig Meyling ini tetap terawat sebagaimana bentuk awalnya. Sejumlah tambahan bangunan tidak menghilangkan tampilan utama warisan sejarah ini. Balai Pertemuan, Hotel Concordia, Concordia Resto, Sport Centre, Swimming Pool, Play Ground dan Garden menyatu dengan alaminya suasana yang terbangun sejak dulu.

Kebersamaan dalam sejumlah event seni, olah raga, gathering organisasi, acara serta liburan keluarga, berpadu dengan semangat hadir membangun masyarakat. Sampai kini hal itu masih melekat di Bumi Sangkuriang. Berbagai momen yang tersaji disini dengan dinamis tetap merawat warisan berharga menapaki usianya yang melewati tahun keenam puluh.